Sabtu, 19 Mei 2018

Siklus Pendapatan: Penjualan dan Penerimaan Kas

Kasus Integratif : Alpha Omega Electronics
Alpha Omega Electronics (AOE) memproduksi berbagai produk elektronik konsumen yang murah, termasuk kalkulator, jam digital, radio, pager, mainan, permainan, dan peralatan dapur kecil. Seperti kebanyakan produsen, AOE tidak menjual produknya langsung kepada konsumen individu, tetapi hanya ke para pengecer.

Presiden AOE, Linda Spurgeon, mengadakan rapat dengan para eksekutif guna mendiskusikan dua isu yang mendesak. Pertama, AOE secara terus menerus kehilangan pangsa pasar selama tiga tahun terakhir. Kedua, masalah arus kas telah memaksa peningkatan pinjaman jangka pendek. Pada saat itu wakil presiden pemasaran,  Trevor Whitman, menjelaskan bahwa salah satu alasan penurunan pangsa pasar AOE adalah para pesaing yang rupanya menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik. kemudian Linda menanyakan kepada Elizabeth Venko, kontrolir, mengenai masalah arus kas AOE. Elizabeth menjelaskan bahwa daftar umur piutang yang terbaru mengindikasikan peningkatan signifikan atas sejumlah piutang pelanggan yang telah jatuh tempo. Akibatnya, AOE harus menambah pinjaman jangka pendeknya karena penundaan dalam penagihan pembayaran pelanggan. Selain itu, Best Value Company, sebuah jaringan ritel (pengecer) yang telah menjadi salah satu pelanggan utama AOE, baru-baru ini bangkrut. Elizabeth mengakui bahwa ia tidak yakin apakah AOE akan mampu menagih sejumlah besar piutang yang telah jatuh tempo dari Best Value.

Linda merasa frustasi dengan kurangnya informasi terperinci mengenai kedua isu tersebut. Ia mengakhiri rapat tersebut dengan meminta  Trevor dan Elizabeth agar bekerja sama dengan Ann Brandt, wakil presiden sistem informasi, untuk mengembangkan sistem pelaporan agar AOE dapat mengawasi secara lebih dekat dan mengambil langkah untuk meningkatkan layanan pelanggan maupun manajemen arus kas. Secara spesifik, Linda meminta Trevor, Elizabeth, dan Ann untuk mengatasi isu-isu sebagai berikut.
  1. Bagaimana AOE dapat meningkatkan layanan pelanggan? Informasi apa yang diperlukan oleh pemasaran untuk menjalankan tugasnya dengan lebih baik?
  2. Bagaimana AOE dapat mengidentifikasi pelanggan dan pasar yang paling menguntungkan?
  3. Bagaimana AOE dapat meningkatkan pengawasan rekening kreaditnya? Bagaimana setiap perubahan dalam kebijakan memengaruhi penjualan dan piutang tidak tertagih?
  4. Bagaimana AOE dapat meningkatkan prosedur penerimaan kasnya?
Kesimpulan
 Dari kasus diatas dapat disimpulkan bahwa, AOE tersebut menunjukkan bagaimana kekurangan dalam sistem informasi yang digunakan untuk mendukung aktivitas siklus pendapatan dapat menciptakan masalah signifikan bagi sebuah organisasi. Jadi dengan kasus ini kita diharapkan dapat memahami dan juga dapat berfikir mengenai bagaimana sistem informasi yang didesain dengan baik dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas siklus pendapatan sebuah organisasi.
 
Pendahuluan
Siklus pendapatan (revenue cycle) adalah serangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa kepada para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dan penjualan-penjualan tersebut. Siklus pendapatan merupakan prosedur pendapatan dimulai dari bagian penjualan otorisasi kredit, pengambilan barang, penerimaan barang, penagihan sampai dengan penerimaan kas.

 
Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat yang tepat pada saat yang tepat untuk harga yang sesuai. Untuk mencapai tujuan tersebut, manajemen harus membuat keputusan-keputusan penting, yaitu:
  • Sampai sejauh mana produk dapat dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan individu?
  • Seberapa banyak persediaan yang harus dimiliki dan di mana persediaan tersebut harus ditempatkan?
  • Bagaimana seharusnya barang dagangan dikirim ke pelanggan? Haruskah perusahaan menjalankan fungsi pengiriman sendiri atau outsourcing ke pihak ketiga yang berspesialisasi dalam bidang logistik?
  • Berapakah harga optimal untuk setiap produk atau jasa?
  • Haruskah kredit diperpanjang untuk pelanggan? Jika demikian, persyaratan kredit apa yang seharusnya ditawarkan? Seberapa banyak kredit yang dapat diperpanjang untuk setiap pelanggan?
  • Bagaimana pembayaran pelanggan dapat diproses untuk memaksimalkan arus kas?
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarah pada bagaimana sebuah organisasi menjalankan empat aktivitas dasar pada siklus pendapatan. Empat aktivitas dasar tersebut:

  1. Entri pesanan penjualan (Sales order entry)
  2. Pengiriman (Shipping)
  3. Penagihan (Billing)
  4. Penerimaan kas  (Cash collections)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SIKLUS PRODUKSI

Siklus produksi ( production cycle ) adalah serangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait yang terus-menerus berhu...